You are currently viewing Sulit Akses Website UMS dengan Telkomsel, Ini Penjelasannya

Sulit Akses Website UMS dengan Telkomsel, Ini Penjelasannya

  • Post author:
  • Post category:Berita

Beberapa waktu lalu, kembali terjadi permasalahan jaringan di Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS). Ditengah kondisi PPKM dan Work Form Home (WFH) yang tengah diterapkan oleh UMS, persoalan jaringan ini sangat mempengaruhi kinerja sivitas akademika. Permasalahan jaringan dikonfirmasi pada Sabtu, 24 Juli 2021.

Permasalahan yang muncul tidak dialami oleh semua pengguna internet, namun terfokus oleh pengguna internet IndiHome dan Telkomsel. Hal ini disampaikan oleh Ka.Biro Teknologi Informasi UMS Ir. Bana Handaga, M.T., Ph.D dari beberapa laporan yang diterima.

“Terjadi masalah akses ke situs dengan domain ums.ac.id, ini dialami oleh rekan-rekan yang pakai Telkomsel dan IndiHome,” papar Bana Handaga Ka.Biro Teknologi Informasi UMS.

Permasalahan tersebut telah diteruskan kepada pihak provider CitraNet, dan mendapatkan respon pada waktu laporan diterima. Dikonfirmasi saat koordinasi vitual Senin (26/7), pihak CitraNet mengiyakan adanya permasalahan routing pada salah satu jalur yang digunakan.

“Saat aduan masuk ke kami, kami melakukan pengecekan jalur yang menghubungkan UMS dengan jalur internet. Ada masalah routing dan terjadi looping,” terang Julius Tegar perwakilan dari CitraNet.

Tim CitraNet yang dihadiri oleh Julius Tegar, Rahmat Yulianto, dan Wahid Amri kembali menegaskan permasalahan yang sempat terjadi. Permasalahan kemarin disebabkan oleh setting IP yang mengalami looping pada jalur internet yang digunakan UMS. Untuk mengatasi hal tersebut jalur internet dialihkan menggunakan OpenISP. Selain itu panjang dan pendeknya jalur routing juga dapat mempengaruhi akses ke situs UMS.

Hingga saat ini trafik internet UMS terlihat normal dan lancar, meskipun demikian monitoring jalur internet masih dilakukan. Komunikasi permasalahan routing dengan pihak Telkomsel/IndiHome oleh tim CitraNet juga dilakukan guna mendapatkan hasil penyelesaian yang lebih optimal.

Terkait dengan beberapa permasalahan jaringan yang kerap terjadi di UMS, Bana Handaga menyampaikan bahwa UMS berencana menghadirkan jalur backup, untuk akses website ums.ac.id diluar jalur utama yang digunakan saat ini. Rencanya jalur backup ini mulai diaplikasikan pada bulan Juli 2021, dan selesai pada Agustus 2021. (anr-bti)