Integrasi Sistem Akademik dengan Open Learning melalui LTI

Sistem pembelajaran daring (atau LMS learning management system) atau sering disebut e-learning merupakan sistem informasi yang kompleks yang merelasikan antara pengajar (dosen atau guru) dengan pembelajar (mahasiswa atau siswa). Aktivitas pembelajaran direkam di dalam sistem tersebut mulai dari penyiapan materi pembelajaran, forum diskusi, penugasan, kuis, hingga asesmen. LMS sudah lama dikembangkan dan teknologi yang mendukungnya semakin matang.

Isu yang sering menjadi pertanyaan bagi tim IT ketika lembaga menggunakan LMS adalah bagaimana mengintegrasikannya dengan sistem akademik yang ada. Salah satu teknik yang banyak diadopsi oleh LMS adalah LTI (Learning Tools Interoperability), yang merupakan standar bagi aplikasi pembelajaran daring untuk saling berhubungan antara satu dengan yang lain. Berikut ini langkah-langkah teknis membuat aplikasi dengan bahasa Python sebagai LTI consumer, yaitu aplikasi yang menghubungkan pengguna dengan sebuah LMS. Pada contoh ini, yang menjadi LTI provider adalah Open Learning, sebuah LMS yang dilanggan oleh Universitas Muhammadiyah Surakarta dan beberapa lembaga pendidikan di bawah payung konsorsium UCM (University Cyber Muhammadiyah).

Aplikasi yang menjadi LTI consumer dibuat menggunakan Django 3 dengan memanfaatkan modul lti yang sudah tersedia pada bahasa pemrograman Python. Kode program pada views.py. Untuk lebih lanjut anda dapat mengunduh tutorial berikut sintax secara lengkap pada link berikut:

Unduh Tutorial