Akhir tahun 2017, Biro Administrasi Umum (BAU) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) bersama Biro Teknologi Informasi (BTI) mengadakan lelang untuk penyediaan layanan internet. Lelang dimaksudkan untuk menyediakan internet berkualitas bagi civitas UMS. Pendaftaran lelang yang dibuka selama kurang lebih dua pekan tersebut diselenggarakan secara online dengan mengakses website https://lelang.ums.ac.id.

Sampai akhir waktu pendaftaran lelang tersebut, sebanyak enam perusahan provider turut berpartisipasi lelang yang diadakan oleh UMS. Perusahan tersebut adalah PT. Indonesia Comnets Plus, PT. Daya Sinergi Telekomunikasi, PT. INDOSAT, Tbk, PT. Mora Telematika Indonesia, PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk (Telkom), PT. Aplikanusa Lintasarta.

Namun presentasi untuk mepaparkan layanan yang tawarkan oleh pihak provider kepada UMS hanya dihadiri oleh dua perusahan saja yang memenuhi kriteria kebutuhan UMS dengan penawaran terbaik, yakni PT. INDOSAT, Tbk dan PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk (Telkom).

Presentasi yang terlaksana pada Selasa, 28 November 2017 bertempat di ruang Seminar BTI, dihadiri oleh Tim Pemasaran masing-msing provider dan dari BTI UMS turut hadir Husni Thamrin, Ph.D (Kepala BTI), Bana Handaga, Ph.D (Kabag Infrastruktur Teknologi Informasi), Fajar Suryawan, Ph.D (Kabag Pengembangan Perangkat Lunak dan Basis Data), Suyadi, S.Kom (Kaur Pemeliharan Server), Sapta Hary Surya Wibowo, S.T (Staff Jaringan).

Sedangkan dari BAU UMS selaku penyelenggara lelang dihadiri oleh M. Nafi’, S.E (Kepala BAU), Eko Liana, S.Sos (Kabag Rumah Tangga dan Perbekalan), Haryanto, S.E (Kaur Inventaris), Daryanto, S.Psi (Kaur Perbekalan).

Berdasarkan informasi yang dihimpun, lelang internet yang dilangsungkan UMS secara umum memiliki kriteria besaran total bandwidth 1,3 Gbps yang diuraikan dalam pembagian koneksi regional (Indonesia, Singapura, Asia Pasifik) sebesar 900 Mbps dan koneksi internasional sebesar 400 Mbps. Dari provider yang hadir memberikan paparan terhadap layanannya, PT. INDOSAT, Tbk terpilih sebagai mitra UMS pada tahun 2018.

Dari hasil lelang tersebut, PT. INDOSAT, Tbk mampu menyediakan layanan dengan penawaran terbaik. Layanan yang diberikan adalah koneksi regional 900 Mbps dan koneksi internasional 300 Mbps dengan total bandwidth 1,2 Gbps, hanya selisih 100 Mbps dari kriteria yang diajukan. Namun dalam hal ini PT. INDOSAT, Tbk memberikan pelayanan tambahan berupa perbaikan jarinagn Fiber Optic (FO) internal kampus dengan total area sepanjang 2 KM yang meliputi titik kampus 1 di Auditorium serta titik kampus 2 di FEB dan FKI. (Ahmad)

 

Tags: ,