Meningkatkan keterampilan kompetensi di dunia kerja amatlah penting. Selain menambah value pada kapasitas individu juga memberikan dampak positif terhadap instansi tempat bekerja. Hal tersebut juga menjadi perhatian bagi Biro Teknologi Informasi Universitas Muhammadiyah Surakarta (BTI UMS). Setelah beberapa waktu lalu UMS mengupayakan adanya tenaga pendidikan (tendik) di bidang IT, BTI UMS selaku motor IT dilingkungan universitas melakukan upgrading kompetensi di bidang teknologi.

Bertempat di Lab BTI kegiatan diikuti oleh 16 staff IT fakultas, 10 peserta dan 3 narasumber yang berasal dari BTI. Kegiatan yang berlangsung kurang lebih 4 jam tersebut diisi dengan diskusi berkaitan sejumlah permasalan IT di unit kerja masing-masing dan dilanjutkan dengan pelatihan basic network engineering. Koordinasi yang dibahas merupakan beberapa masalah berkaitan jaringan internet dan aplikasi akademik.

Disampaikan, persoalan internet yang terjadi lebih kepada kondisi suplay listrik di kampus yang tidak stabil serta adanya jaringan liar yang dipasang mandiri oleh oknum tertentu yang memang cukup sulit untuk ditertibkan. Terkait persoalan tersebut, BTI telah mengambil sikap jika terjadi pemadaman listrik staff BTI akan berkoordinasi dengan Biro Administrasi Umum (BAU) untuk menyediakan suply listrik cadangan. Maka seluruh sivitas diharapkan bersabar menunggu keadaan listrik kembali stabil. Selain itu berkaitan dengan jaringan liar, BTI terus menguppayakan penertiban dengan sanksi-sanksi yang telah ditentukan dengan Pimpinan Universitas berupa penonaktifan jaringan, pemblokiran jaringan dan dapat dilakukan penyitaan perangkat bila peraturan yang ditetapkan tidak diindahkan.

Terkait permasalahan yang muncul di aplikasi akademik, dijelaskan jika masih dalam pengembangan dan update sistem yang mungkin belum sempurna. Meskipun begitu permasalahan tersebut bisa ditangani dengan metode manual yang memang sedikit lebih memakan waktu.

“Sedangkan permasalahan terhadap aplikasi akademik, memang sedang dikembangkan oleh Biro Administrasi Akademik sehingga kadang masih terjadi kendala” papar Waspodo Dumadi, S.Kom saat memimpin kegiatan koordinasi.

Pada sesi pelatihan, Sapta Hary Surya Wibowo, S.T. selaku pemateri menyampaikan topologi jaringan internet di UMS dengan memberikan sample pada Fakultas Teknik gedung H dan Fakultas Hukum dan Geografi di gedung I. Ia menjelaskan sejarah jaringan di UMS yang awalnya dikelola secara konvensional berubah mengikuti perkembangan teknologi masa kini. Penggunaan Virtual LAN juga sudah diterapkan di UMS guna mempermudah proses maintenance jaringan.

Staff IT fakultas juga memperoleh kesempatan untuk melakukan praktik simulasi kofigurasi Virtual LAN. Disediakan perangkat CISCO yang juga diimplementasikan pada jaringan di UMS. Dengan begitu staff IT fakultas akan lebih familiar saat melakukan trouble shooting.