Informasi digital yang disuguhkan dalam bentuk website kini menjadi sebuah kebutuhan. Pengembangan sistem dengan menawarkan pengelolaan yang mudah dan tampilan yang syarat informasi menjadi sebuah tuntutan. Karena hal tersebut Biro Teknologi Informasi (BTI) sebagai penggerak teknologi dan layanan informasi digital di lingkungan Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menjalankan projek restrukturisasi serta penyeragaman website untuk program studi dan fakultas.

Berjalannya projek tersebut ditandai dengan diaadakannya pelatihan perdana bagi pengelola website program studi sekolah Pascasarjana UMS. Acara yang berlangsung pada Kamis (16/11) kemarin dihadiri oleh 17 pengelola website dari masing-masing prodi, serta dipandu langsung oleh Kaur Pengembangan Web, Waspodo Dumadi, S.Kom yang dibantu oleh Ahmad Nur R, S.Kom.

Pelaksanaan acara sempat mengalami hambatan terkait dengan perbedaan persepsi antara Tim Web BTI dengan pengelola web prodi Pascasarjana. Perbedaan tersebut lantaran pengelola web yang masih awam dengan sistem yang digunakan, sehingga muncul berbagai pendapat agar website sudah disediakan blok-blok konten yang siap diisi dan bukan sebatas halaman kosong yang dapat dicustomize.

“Program peneyeragaman website kami setuju, namum kami berharap dapat dibuatkan wadah jadi sehingga kami tinggal mengelola tanpa harus banyak melakukan seting” usul Zakky Cholisoh, Ph.D, selaku Kaprodi Magister Farmasi.

Usulan tersebut selanjutnya akan ditindak lanjuti, mengingat beberapa faktor sebagai pertimbangannya. Lebih lanjut, pelatihan perdana tetap dilaksanakan dengan agenda pengenalan seting dasar dan praktik langsung terhadap website pelatihan. Meskipun belum optimal, pelatihan perdana tersebut diharap memberikan pengetahuan dasar yang nantinya dapat digunakan untuk mengelola website prodi Pascasarjana UMS. (Lutfia – Ahmad)

 

Tags: