Menindak lanjuti program manajemen website terpusat yang dikelola oleh Biro Teknologi Informasi (BTI) bagi seluruh unit kerja di Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), telah dilaksanakan pelatihan pada Desember 2017 kemarin. Acara yang dilakasanakan pada hari Rabu dan Kamis pada setiap minggunya tersebut diikuti oleh 71 peserta dari Program Studi, Fakultas, Biro, Lembaga dan berbagai unit kerja di UMS.

Menurut Waspodo Dumadi, S.Kom selaku Kaur Pengembangan Web UMS dan Kontennya menjelaskan bahwa program manajemen website terpusat ini dilakukan tidak hanya untuk menjalakan program kerja, melainkan untuk memberikan fasilitas kepada unit kerja di UMS dalam pengelolaan website yang lebih mudah.

“Kita sering melihat jika website di UMS hanya mengelola konten dan sering tidak terawat aplikasinya, sehingga memberikan celah kepada orang luar untuk merusak sistem kita” tegas Dumadi.

Dalam mengelola website yang disediakan oleh BTI, admin disetiap unit kerja diberkan hak akses yang terbatas. Admin mampu mempublikasi berita ataupu artikel serta mengelola tampilan website secara bebas namun tidak diperkenankan untuk merubah script code pada sistem.

Hal tersebut bertujuan untuk menghindari human eror yang akan mempengaruhi website lain, karena sistem yang dipakai saat ini ialah satu sistem untuk banyak aplikasi. Meskipun demikian, sebagian besar kebutuhan akan pengelolaan website sudah dapat terpenuhi.

Respon positif ditunjukan dari peserta pelatihan. Banyak dari peserta yang aktif dan mencoba mengimplementasikan ide mamsing-masing dalam membangun ulang website baru untuk unit kerja mereka. (Ahmad)

 

Tags: ,