Ribuan email digunakan dan dikirimkan setiap hari ke seluruh dunia, banyak layanan website dan media sosial yang membutuhkan akses via email. Apakah Anda pernah bertanya-tanya bagaimana cara membuat akun email ? Dengan pedoman panduan ini, Anda akan dapat menyelesaikan proses sederhana dalam membuat akun email sendiri dalam waktu yang singkat.

PANDUAN PENGGUNAAN LAYANAN GOOGLE (E-MAIL)

Terdapat 3 metode yang dapat digunakan, diantaranya:

1. Membuat Akun email

    a. Mengunjungi halaman situs website yang menawarkan layanan email Yang terkenal adalah gmail.com, yahoo.com, google.com, dan hotmail.com, yang menawarkan gratis selamanya.

      b. Mencari halaman untuk mendaftarkan akun. Biasanya ada gambar atau tulisan berupa tautan (link) kecil yang bertuliskan “register” atau “sign up” atau “buat akun”, meskipun Anda mungkin harus menuju halaman login untuk mencarinya.
     c. Mengikuti semua instruksi pada halaman tersebut dan mengisi secara detail hal-hal yang dibutuhkan. Dalam beberapa kasus, Anda mungkin merasa tidak nyaman memberikan informasi tertentu. Jangan cemas, biasanya akun email tidak membutuhkan informasi semacam telepon dan alamat, dan Anda dapat melewatinya.
Mengisi secara keseluruhan data yang ada, seperti berikut :
      d. Bacalah persetujuan layanan Privasi dan Persyaratan dan klik kotak yang menyatakan bahwa Anda setuju untuk mematuhi aturan-aturan pada sistem email. Setelah selesai, klik tombol “Submit” atau “Saya Setuju” pada bagian kanan bawah layar.
      e. Selamat! Anda telah berhasil dalam membuat alamat email. Lanjutkan dengan mengimpor kontak Anda, mengirim pesan dengan teman-teman, atau menulis email, dan masih banyak lagi.

2. Mengumpulkan Kontak

     a. Beri tahu teman-teman Anda dan keluarga tentang email baru Anda, kumpulkan informasi tentang mereka dan tambahkan dalam daftar kontak Anda. Perhatikan bahwa akun email sekarang ini menyimpan kontak Anda secara otomatis ketika Anda mengirim email kepada atau menerima email dari seseorang atau institusi.

  • Untuk melihat kontak, carilah tab kontak. Atau, cukup ketikkan nama depan atau akhir dari orang yang ingin Anda kirimi email, atau awalan dari alamat email mereka. Alamat email mereka dan informasi kontak seharusnya akan muncul secara otomatis.
    • Hal ini berarti Anda tidak perlu harus “menyimpan” seseorang sebagai kontak agar bisa mengirim email ke mereka.

 

3. Mengirim email

     a. Carilah tombol “Compose” atau “Tulis” saat login ke dalam akun email Anda. Tombol ini seharusnya tidak sulit untuk ditemukan.

    b. Tulis alamat email dari orang yang ingin Anda kirimi email. Jika Anda tidak ingat alamat email seseorang tapi sebelumnya pernah mengirim email kepada mereka, akun Anda mungkin mengenali alamat email yang tersimpan jika Anda menuliskan nama mereka.

  • Jika Anda ingin memberi salinan (copy) email kepada seseorang, klik “CC”, yang merupakan singkatan dari “carbon copy“.
  • Jika Anda ingin memberi salinan email kepada seseorang tanpa diketahui oleh penerima email yang asli, klik “BCC”, yang merupakan singkatan dari “blind carbon copy“.

       c. Tulis perihal (subject). Ini adalah tentang apa isi email tersebut.

 

      d.Tulis pesan atau isi dari email Anda. Ini adalah komunikasi Anda atau apa yang Anda ingin sampaikan kepada orang tersebut.

     e. Setelah memeriksa dan memastikan tidak ada kesalahan, klik “Send” atau “Kirim”. Pastikan alamat email kontak Anda sudah benar, dan bahwa pesan Anda tidak mengandung kesalahan ejaan atau kesalahan format. Kirimkan email Anda.