Berikut adalah tutorial yang dapat membantu anda untuk menggunakan google sheets.

  1. Kunjungi halaman situs web yang menawarkan layanan google sheet. Dengan menggunakan alamat url https://www.google.com/sheets. kemudian pilih buttom “dapatkan Google Spreadsheet”, kemudian pilih “Buka Spreadsheet”.

2. Pilih buttom + yang berada di pojok kanan bawah untuk memulai lembar kerja baru.

3. Lembar kerja baru akan muncul seperti pada gambar diatas.

4.Buatlah kepala data. Klik sel A1, kemudian masukkan label sumbu x. Setelah itu, klik sel B1, kemudian masukkan label sumbu y.

  • Misalnya, jika Anda ingin mencatat jumlah kopi yang dikonsumsi dalam sehari, tuliskan “x-axis” di sel A1, dan “y-axis” di sel B1.
  • Penempatan label di lembar lajur Anda mungkin berbeda, tergantung jenis grafik yang Anda buat.
  • Anda dapat menambahkan kepala data di sel C1, D1, dan seterusnya, jika data Anda berjumlah lebih dari dua set.

5. Masukkan data. Isilah kolom A dengan data sumbu x, dan kolom B dengan data sumbu y.

  • Jika Anda memiliki lebih dari satu kolom kepala data, masukkan informasi ke masing-masing kolom.

6. Pilih data Anda. Klik sel A1, kemudian tahan tombol Shift sambil mengeklik sel terbawah di kolom data paling kanan. Data yang Anda pilih akan ditandai dengan warna biru.

7. Klik tab Sisipkan/Insert di dekat bagian kiri atas layar. Anda akan melihat menu drop-down.

8. Klik opsi Diagram/Chart di tengah menu Sisipkan/Insert. Setelah mengeklik menu, bagan bawaan akan dibuat berdasarkan data yang Anda pilih. Anda akan melihat jendela di bagian kanan halaman.

9. Pilih format bagan. Klik kotak “Jenis Bagan/Chart type” di bagian atas jendela, kemudian klik format bagan di kotak yang muncul. Bagan di bagian tengah halaman akan tampil sesuai pilihan Anda

10. Bagikan bagan. Klik File, kemudian pilih Berbagi/Share pada menu drop-down. Masukkan nama, kemudian klik Save jika diminta. Setelah itu, masukkan alamat surel tujuan, dan klik Send.

  • Anda juga dapat mengeklik tab CUSTOMIZE di bagian atas jendela bagan untuk menyesuaikan tampilan, label, dan hal-hal lain yang terkait