Rencana Pengembangan Unit (RPU) merupakan rancangan program-program kerja yang disusun untuk pengembangan unit selama setahun kedepan. Kegiatan mengisi RPU pun sudah menjadi agenda rutin yang dilakukan setahun sekali padabulan juni-juli ditiap tahunya. Pada tahun ini ada yang berbeda dengan kegiatan pengisian RPU di Biro Teknologi Informasi.

Pengisian RPU BTI yang sebelumnya hanya dilakukan oleh Kepala Biro dan Wakilnya serta dibantu oleh Ketua Tata Usaha (KTU), pada kali ini seluruh staf BTI ikut terlibat. Khsususnya staf yang bertindak sebagai penanggung jawab kegiatan bertugas melakukan input data.

Dipimpin langsung oleh Kepala BTI, Husni Thamrin, P.hD menyampaikan bahwa acara ngisi bareng yang dilaksanakan Jumat, 6/7/2018 ini bertujuan untuk mempercepat pengisian RPU sekaligus testing terhadap aplikasi RPU terbaru yang sedang dikembangkan. Aplikasi yang diberinama “APPLE” atau aplikasi pengembangan lembaga ini nantinya akan menjadi portal dalam melakukan manajemen kegaiatan dan rancangan anggaran dalam RPU.

Meski masih dalam tahap pengembangan, aplikasi Apple dinyatakan sudah mumpuni untuk digunakan saat pengisian RPU 2018/2019. “Aplikasi sudah berjalan dengan baik dan dapat diakses dengan normal, mungkin hanya perlu perbaikan kecil nantiya,” tutur Husni Thamrin, P.hD disela-sela pengisian RPU.

Pengisian RPU yang berjalan selama 2 jam, telah merampungkan 85% input dari semua kegiatan yang telah diputuskan pada rapat sebelumnya. Adapun kekurangannya dapat dilakukan secara mandiri oleh tiap penanggung jawab kegiatan di hari berikutnya. (Ahmad)