Kamis (3/5/2018), Biro Teknologi Informasi (BTI) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) melaksanakan lawatannya ke Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Lawatan tersebut diagendakan dengan tujuan sharing ilmu, penerapan teknologi serta manajemen dan pengelolaan orgaisasi/lembaga. Sasaran utama rombongan BTI UMS yang terdiri dari 14 orang dari devisi jaringan dan devisi sistem informasi ialah UPT. PUSKOM UNY.

Dipimpin oleh kepala BTI UMS Husni Thamrin, P.hD, rombongan disambut langsung oleh KaPuskom Dr. Priyanto, M.Kom beserta beberapa stafnya yang terdiri dari skretaris umum, perwakilan devisi jaringan dan perwakilan devisi database. Diskusi yang diselenggarakan di ruang rapat senat menampilkan beberapa teknologi IT yang diterapkan di kampus UNY. Teknologi yang sempat dipaparkan ialah manajemen jaringan dan pengelolaan database, dimana terdapat perbedaan hardware dan software yang digunakan UNY dengan UMS.

Hal menarik yang sempat menjadi topik diskusi ialah sistem backup data UNY yang terdapat di kota Surabaya. Hal serupa yang belum digunakan UMS nampaknya menjadi perhatian oleh kepala BTI UMS. Manfaat backup data yang terpisah di UNY ialah mencegah hilangnya data secara keselurahan yang diakibatkan oleh kerusakan berat data centre UNY, bencana alam atau bahkan kebakaran.

“Sistem backup kami telah diuji coba sebanyak 3 kali, sebelumnya data centre kami pernah down beberapa tahun yang lalu. Proses restore data dari server Surabaya ke data centre UNY selama ini berjalan lancar,” tutur KaPuskom UNY.

Selain teknologi hardware dan software yang berbeda, manajemen organisasi yang berbeda juga cukup menarik perhatian. Staf PUSKOM UNY yang berjumlah tidak jauh berbeda dengan tim BTI UMS mampu mengorganisir civitas akademika yang terdiri dari 28.000 mahasiswa, 1200 dosen dan 900 tendik berkat adanya standar operasional prosedur (SOP) yang membatasi pelayanan data secara langsung kepada PUSKOM, sehingga dapat lebih fokus pada sistem yang dikembangkan dan pelayanan infrastruktur.

Seusai lawatan tersebut, nantinya BTI UMS akan mengambil beberapa hal positif dari UPT. PUSKOM UNY untuk meningkatkan kualitas pelayanananya terhadap civitas akademika UMS.